Membangun Mimpi

Diposting oleh arifpemenang , Jumat, 17 Desember 2010 04.10

Film 3 idiot yang pernah aku tonton membuat hatiku bergejolak lagi. Walaupun film India yang latar belakangnya selalu identik dengan lagu2, joget2, kisah sedih, balas dendam. Tetapi film ini sangat berbeda dengan film india yang lain. Film itu penuh dengan kisah2 inspiratif mengenai mimpi seorang calon insinyur. Selalu memberontak terhadap birokrasi sistem yang sifatnya sangat kaku. Kebetulan saya mempunyai mimpi yang hampir sama terhadap tokoh utama film ini.



Saya lupa dengan nama tokohnya, maka aku sebut saja nama tokoh utama itu dengan nama Rancho. Dia adalah seorang mahasiswa di salah satu Institut teknik terbesar di India. Namun, Institut tersebut mempunyai sistem yang sangat kaku. Semua harus berjalan sesuai dengan sistem yang tegas. Ketika rancho memberi masukan kepada dosennya ada rumus yang lebih simple, justru dosennya emosi dengan mengatai dia adalah mahasiswa Idiot. Walaupun sering dikatakan seperti itu rancho tidak pernah menyerah. Rancho adalah mahasiswa yang tidak senang dengan sistem yang terlalu kaku yang bisa mematikan kreatifitas mahasiswa. Oleh karena itu dia selalu berbuat iseng untuk mengerjai dosen dan mahasiswa yang menurutnya tidak baik.



Karena marah, salah satu teman kampusnya mengajak raju untuk bertaruh siapa yang akan lebih sukses nantinya. Dan akhirnya pengumuman yudisium pun diberikan ternyata Raju yang orangnya suka iseng menjadi mahasiswa yang paling tinggi nilainya. Sejak saat itu entah kenapa raju menghilang tanpa berkomunikasi terhadap temannya.



Setelah 10 tahun, teman2 rancho mencari keberadaannya kemana temannya pergi. Setelah dilacak ternyata menjadi mahasiswa teknik terbaik itu adalah seorang tukang kebun yang memakai nama anak bosnya untuk bisa kuliah. Kemudian teman2nya mencarinya dan masih belum berhasil menemukannya. Pencarian itu dilakukan bersama orang yang pernah menantang rancho untuk adu kesuksesan. Setelah dicari ternyata teman-temannya berhasil menemukan rancho di sekolah yang unik dimana banyak teknologi yang beraneka ragam di sekolah itu. Berbagai inovasi terdapat di sekolah itu. Dan yang punya adalah raju mahasiswa yang tidak pernah mengikuti peraturan. Sebelumnya teman yang pernah menantangnya itu meledek, kalau ranchohanya menjadi guru anak SD yang gajinya kecil. Dan ketika tahu bahwa raju memiliki 400 hak paten, dan banyak investor yang membiayai proyek rancho, dia menjadi malu dan minta maaf.



Mempunyai sekolah gratis dan terdapat berbagai inovasi di dalamnya. Letak sekolah itu berada di pantai yang sangat indah. Mimpi yang sudah pernah saya gambarkan ternyata divisualisasikan oleh film ini. Cita - cita untuk mempunyai sekolah yang ditujukan untuk anak - anak pintar tetapi tidak mampu di negeri ini. Melihat film itu aku menjadi lebih termotivasi untuk sukses. Menjadi pengusahalah yang bisa mewujudkan mimpiku itu. Membangun sekolah yang sangat indah, mengajar mereka, bermain - main bersama mereka. Tentunya saya sendiri harus mempunyai penghasilan sendiri. Penghasilan bukan dari sekolah itu. Tetapi pasive income yang harus saya peroleh mulai saat ini. karena saya harus membangun sekolah itu. Mewujudkan mimpi itu. Mimpi yang saya tanamkan sejak sekarang....



0 Response to "Membangun Mimpi"

Posting Komentar