Komplain rejeki bagi anda?

Diposting oleh arifpemenang , Minggu, 30 Desember 2012 22.10

Oke sob, mungkin dari teman - teman belum tau pentingnya sebuah komplain dari customer. Berikut ini sedikit catatan kecil tentang "Recovery Handling Complain". makanan apa itu ya? hehehe baiklah kita kupas tuntas di bawah ini :

1. Mungkin anda masih menganggap bahwa komplain adalah bencana perusahaan anda. #rhc

2. Mungkin saja di benak anda saat ini bahwa komplain itu adalah hal yg menyebalkan dan bencana masa depan anda #rhc

3. Banyak sekali deskripsi keluh kesah ttg komplain terjadi di kalangan profesional maupun business owner #rhc

4. Banyak sekali diantara mereka selalu menghindari komplain. #rhc

5. pdhl komplain adlh peluang utk meningkatkan loyalitas customer ketika perusahaan berhasil melakukan service recovery. #rhc

6. Sebelum melakukan service recovery, perlu anda breakdown mengapa terjadi komplain. Inilah alasannya. #rhc

6.1. Produk yg rusak atau janji yg tdk ditepati

6.2. Perilaku pelayanan yg buruk

6.3. Ketidak sopanan

6.4. Sistem yg tdk efisien

6.5. Kebijakan perusahaan

6.6. Kurangnya training karyawan

7. Satu orang melakukan kesalahan dlm melakukan standar pelayanan, maka semua berdampak thd seluruh perusahaan.#rhc

8. Setelah anda tahu apa permasalahan why customer komplain, maka segera tanggapi mereka dan lakukan pembenahan kesalahan tsb. #rhc

9. Berilah customer yg komplain tersebut dg nilai tambah yaitu dg melakukan sesuatu diluar tugas kita. #rhc

10. Salah satu contoh berikan gift sederhana tentang ucapan terima kasih telah bersedia memberikan masukan. #rhc

11. Mengapa kita memperlakukan seperti itu? #rhc

12. Mereka bersedia meluangkan waktu untuk memperingatkan anda akan adanya masalah bisnis #rhc

13. Mereka memberikan kesempatan utk menyelesaikan masalah anda dan tetap sbg customer anda #rhc

14. Mereka masih menyukai anda #rhc

15. Mereka membantu anda utk menumbuhkan bisnis anda. #rhc

16. Mereka akan menjadi pembela produk kita apabila kelak ada masalah. #rhc

17. Menurut penelitian 95% customer akan kembali kpd anda jika anda melakukan recovery handling complain dg tepat. #rhc



Semoga bermanfaat teman - teman ^_^

by Arif Pemenang

0 Response to "Komplain rejeki bagi anda?"

Posting Komentar